Rabu, 17 Desember 2008

Force India ke McLaren, Tata ke Ferrari

Jakarta - India terus menggencarkan upaya "bermain" di ajang balapan paling bergengsi, Formula 1. Jika tim Force India menjalin kerja sama dengan McLaren, Tata malah bergabung dengan Ferarri.

Tata yang dimaksud adalah produsen mobil asal negeri Bollywood itu. Perusahaan yang sudah eksis sejak 1945 itu dilaporkan telah menjalin kerja sama dengan Ferrari sebagai salah satu sponsor tim F1 asal Italia tersebut.

"Untuk pertama kalinya sebuah brand India akan melekat pada Ferrari. Ini sejarah," ujar presiden Ferrari, Luca di Montezemolo, seperti dilansir Reuters, Rabu (17/12/2008).

Berapa lama Tata akan menjadi sponsor "Kuda Jingkrak" dan berapa nilai kontraknya, hal tersebut akan dijelaskan pihak Ferrari dalam waktu dekat ini.

Kerja sama Tata dengan Ferrari menjadi lebih memungkinkan karena Tata sudah memiliki sebuah join venture dengan perusahaan induk Ferrari, yakni Fiat, untuk memproduksi mobil di Maharashtra, sebuah negara bagian India.

India memang sedang giat mendorong perkembangan F1 ke negara berpenduduk terbanyak nomor dua di dunia itu. Sejak Narain Karhikeyan pernah menembus karir di ajang ini, pada gilirannya mereka juga memunculkan Force India sebagai tim pertama F1 yang dimiliki India.

Beberapa waktu lalu tim reinkarnasi Spyker itu, yang dipimpin konglomerat India Vijay Mallya, menjalin kerja sama dengan McLaren. Mereka menjadikan tim top F1 itu sebagai partner teknis mulai 2009.

India juga sudah mulai membangun sirkuit F1 di pinggiran New Delhi. Sirkuit yang dikerjakan sejak Oktober itu direncanakan menghajat Grand Prix untuk pertama kalinya di tahun 2010.

( a2s / key )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar